jump to navigation

tes kerja itu gimana sih…. Maret 5, 2008

Posted by ruangtntujuh in kerja.
trackback

By : Rizqy Sultan Alfaroby

jujur saja.. aku sendiri juga belum pernah mengikuti tes perusahaan atau tes kuliah S2..aku kemarin ngobrol ngobrol bareng anak anak… dan ada diskusi yang menarik seputar dunia kerja.. atau aku lebih spesifikasikan lagi seputar tes untuk masuk dunia kerja…

tes pertama nih biasanya mengenai tes tertulis yang rata rata anak anakĀ  fistek angkatan 2003 pasti banyak yang lolos kecuali bagi yang tidak lolos dan tes kedua biasanya tes diskusi berkelompok 4 atau 6 orang, contohnya mengenai alat apa yang paling dibutuhkan ketika dibulan … aku sendiri bingung.. sebenarnya penilaian dari tim juri itu minta calon pekerja yang bagaimana sih… apakah seseorang yang aktif bicara atau seseorang yang hanya diam dan cuman sering bilang “setuju” atau yang bagaimana menurut kamu….

terus tes ketiga biasanya tes wawancara… sebenarnya dalam tes wawancara itu apa sih yang paling baik kita omongin… apakah mengenai kelemahan kita atau malah kehebatan kita… bingung aku…

bisa bantu gak…..???

Komentar»

1. Jundika Candra Kurnia - Maret 6, 2008

Saya cuman bisa sharing untuk wawancara S2.
Kalo saya dulu lebih banyak ditanya soal hal2 pribadi seperti siapa saya, apa tujuan hidup saya, apa kegiatan saya selama ini dan kalo diterima mo riset dibidang apa. kayaknya kalo wawancara S2 cuman dilihat bagaimana jalan pikiran kita, bagaimana kita mengungkapkan pendapat dan yang terakhir dan paling penting adalah menguji bhs Inggris :p.
Wis segitu aja….selamat berjuang jangan lupa berdoa dan senantiasa bersyukur atas nikmat-Nya

2. annes - Maret 6, 2008

mungkin dikit tambahan dari aku…
pengalamanku ketika interview adalah dimulai dari sikap kita yang harus bisa percaya diri,baik dari segi bahasa (jangan terlalu pelan bicaranya) biar jelas dan dari segi sikap yang diusahakan pergerakan tangan and badan jangan kaku ato diam tapi juga jangan terlalu overacting seperti loncat2 diatas meja (kayak bodat). kalo mengenai ilmu ya cara kita belajar seperti PLC and sensor.
dan jangan lupa atu lagi mulailah dengan doa menurut keyakinan masing2.

3. syofuan - Maret 6, 2008

ehm…
boleh juga nih curhatan (ya istilahku aja se…hehehehehehe…piss bang haji…)-nya bang haji…

kalo mo juju2an, aye juga minim banget pengalamannya, apalagi soal jam terbang ikutan tes kerja…tapi, yang sedikit ini aye coba share-in dengan temen2. harapannya dapat memberikan sedikit gambaran…

soal urut-urutan tes, kayaknya itu suka-sukanya yang ngetes. bisa langsung diterima, langsung wawancara user, tes beberapa tahap, ato tes yang ga jelas kapan selesainya. so, disimpulkan semuanya ga pasti urut2an nya.

soal tes tulis, kayaknya aye yakin insyaallah kite2 semua bisa dah.

soal FGD (forum group discussion), aye pernah sharing dengan salah seorang mbak (insyaallah jadi mbakQ beneran…hehehehe), kebetulan dia praktisi dibidang psikologi. menurut dia, yang pengen dilihat dalam tes ini adalah “posisi yang kita pilih” jika kita berada dalam satu lingkungan..
misal, dalam kelompok pasti akan ada yang memposisikan diri jadi pimpinan, ada juga yang manut2 aja jadi pengikut, ada yang NATO (no action talk only), ada juga yang memposisikan dirinya menjadi pendengar sekaligus pemberi saran yang baik.
karena dalam “psikologi” tidak ada kebenaran absolut, semua ga salah, tapi yang akan dinomorsatukan adalah kesesuaian dengan kebutuhan perusahaan bersangkutan.

soal wawancara, kalo mau objektif tes ini bisa dibagi2 lagi. misalnya wawancara HRD, wawancara user, wawancara managerial, dll. kalo mo dibahas, wadow…ntar space gratisan dari wordpress-nya habis…hahahahahaha…

4. alfaroby - Maret 8, 2008

wah…. ternyata berbeda ya kalau tesa untuk S2 dan tes masuk kerja… kalau tes S2 kita mesti ditanyain kalau diterima mau riset dibidang apa…? wah… kayaknya gak kepikiran sampai segitunya aku….

jadi menurut annes… sikap itu juga penting bangget ya… bagaimana cara duduk kita… posisi tangan dan kaki kita… sikap menentukan sekali ya…

berarti menurut wawan…. posisi apapun itu tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah ya… bagaimana kita berada pada posisi pemimpin.. yang dipimpin.. NATO… pendengara dan pemberi saran dan lain lain… berarti kita mesti bisa pada posisi apapun dong…?

5. syofuan - Maret 8, 2008

to bang aji -> menurut psikologi begitulah adanya bang. tapi untuk posisi apaun kayaknya, menurut aye, bisa jadi pendengar dan pemberi yang baik akan lebih menguntungkan. ya bisa dikatakan secara kasar mempunyai interpersonal skills (apapula in???? hiks…) yang bagus gt deh.

6. mAssiDiQ - Maret 9, 2008

syofuan wrote -> aye pernah sharing dengan salah seorang mbak (insyaallah jadi mbakQ beneranā€¦hehehehe)

i say : kayanya aku tahu adiknya deh,hehehehehehehe…..

7. nani - Maret 10, 2008

teman aku mau curhat nich
ternyata sesuatu yang dasar tu tetep penting
contohnya ane waktu wawancara halliburton, ane belajarnyan plc, PID, P&ID eeeeeeeee taunya yang ditanyain fisdas
hiks aku wis lali kabef wal hasil aku dibilang mengecewakan ma Mr. Indiahe
hiks teman
kayaknya aku ga lolos
tapi yah doain yang terbaik ya
da kakak 2002 yang taon lalu tes halliburton juga, bilangnya si Mr Indiahe…..kalo kita mau bikin bangunan kan yang dikuatin pondasinya, nah si masnya tu disuruh nguatin pondasinya dulu alias suruh beajar dulu.
sayangnya ane baru tau kalo masnya tuh taon lalu tes halliburton pas aku dah slese wawancara…..ya sami awon ane dah g bisa
doain ane ya teman

8. Desi - Maret 11, 2008

kalo kamu ada feeling keterima pasti dapet deh…..

gitu sih menurut pengalamnku….

apapun test nya…

Amin.

9. mAssiDiQ - Maret 11, 2008

desi -> mosok seh???

10. annes - Maret 11, 2008

4 massidiq: kayaknya pernyataan desi tuh benar juga…

11. ilmiyatul - Maret 12, 2008

setuju juga ma desi…
kadang2 feeling kita mang bener..
tapi kadang2.. walo kita dah tau duluan alias feeling kita sudah berkata tidak.. tapi tetep aja sakit pas beneran gak dapet…
hiks..hiks.. hehehehe….
ya sudahlah..!!!!
yang penting buat temen2 smua yang lagi cari kerja, tetep SMANGATTTTTT!!!!!!!
Never say die!!!
Never say ahhhh…. ;)

12. Puji Aja - Maret 14, 2008

Ayo Bikin Kerjaan!!!!

13. arul - Mei 16, 2008

dulur-dulur or sodara-sodara,
kemaren saya dpt panggilan tes tulis di perusahaan didaerah banten,
tanggal 15 mei 2008 VIA telpon,trus saya disuruh datang untuk tes tulis hari senin tanggal 19 mei 2008.
dan anehnya si penelpon ini menanyakan, kamu ada orang dalem ga??????????……..
menurut temen2 maksud sipenelpon itu apa sih???
apakah temen2 pernah ada yang mengalami seperti saya????

14. aguest - Mei 28, 2008

ada yang pernah test Halliburton kasih tau dong gmana caranya
trims

15. MaRueL - Juli 25, 2008

Selasa kemarin aq ada test di salah satu bank dijkt dan blm tao hasilnya,tapi..hari ini aq dapet panggilan interview dibank yang sama tapi cabang bogor…sedangkan aq g ngelamar di bgr..tu tandanya apa?..yang dijkt aq gagal dunkz!!!!!!!koq jd dilempar ke bgr?..hopefully aq dapet yang dibgr krn tempat tinggal ku jg dibgr…senin aq interview..doain aq y teman2 biar dapet dan jodoh dengan pekerjaan itu…biar interview jg test apapun bisa aq lewatin dengan baik..amien..

16. Aly Osd - Februari 27, 2013

buyar-buyar.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

